Mencoblos 2x Empat Bocah Dibawah Umur Diamankan Bawaslu dan Polisi

Demokrasi Hukum & Kriminal KPU Kriminal Mamuju Nasional News Pemilu Politik
Bagikan

MAMUJU, LINI1.COM – Pihak kepolisian polres mamuju bekerjasama dengan pihak Bawaslu dan Kpu Mamuju mengamankan empat bocah yang ditemukan melakukan pencoblosan lebih dari satu kali di Tps 15 Kelurahan Karema, Mamuju, pada pemilu serentak Rabu (17/4/2019) lalu. Sementara seorang oknum berinisial bl yang diduga memobilisir anak-anak melakukan kecurangan pemilu kini masih dalam pengejaran polisi.

Tim Pyton Polres Mamuju bekerjasama dengan pihak Bawaslu dan Kpu Mamuju saat ini masih terus melakukan pengejaran terhadap salah seorang oknum warga Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju berinisial bl. Pelaku bl diduga memerintahkan atau memobilisir dua orang anak dibawah umur serta dua orang dewasa untuk melakukan pencoblosan surat suara lebih dari satu kali.

Keempat pelaku ini dimobilisir untuk memilih calon anggota legislatif Kabupaten Mamuju di Tps 15 Kelurahan Karema.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Dari pengakuan keempat bocah yang mencoblos lebih dari satu kali di Tps tersebut. Keempat pelaku baru diketahui petugas pengawas di tingkat Tps setelah keempatnya melakukan pencoblosan surat suara untuk oknum salah seorang caleh Dprd Kabupaten Setelah ia melakukannya lebih dari satu kali.

Terbongkarnya keterlibatan anak-anak dibawah umur mencoblos di Tps ini terungkap setelah Bawaslu melakukan pengecekan identitas dan alamat pelaku. Belakangan dua dintaranya diketahui masih anak dibawah umur atau belum punya hak memilih di tps.

Keempatnya kini telah diamankan pihak kepolisian, sementara oknum yang memerintahkan keempatnya masih dalam pengejaran pihak kepolisian dan bawaslu. Polisi telah mengantongi identitas pelaku yang diduga kabur dari kampung halamannya saat kasus tindak pidana pemilu ini terbongkar.

Mencoblos 2x Empat Bocah Dibawah Umur Diamankan Bawaslu dan Polisi

Sementara itu dua orang dewasa yang menggunakan identitas orang lain untuk menyalurkan hak suaranya, juga telah diamankan pihak petugas. Keempatnya kini sedang menjalani pemeriksaan di sentra gakumdu bawaslu kabupaten mamuju.

Namun karena alasan pelaku masih dibawah umur, Polisi dan Bawaslu meminta agar identitas pelakunya dirahasiakan atau tidak dimediakan.

Pihak kepolisian dan bawaslu enggan memberikan keterangan jelas, kepada caleg yang dicoblos keempat orang ini, namun pihaknya berjanji setelah nantinya oknum yang memobilisasi keempat anak ini telah diamankan, pihaknya akan meminta siapa nama caleg yang di coblosnya atau kepada caleg siapa mereka bekerja.

Kasat Reskrim Polres Mamuju, Akp Syamsuriansah menyatakan pihaknya telah mengerahkan anggota untuk memburu pelaku berinisial bl yang diduga jadi otak yang memobilisasi kecurangan pemilu di mamuju.

“Empat pelaku sudah kita amankan, sementara seorang yang diduga memobilisir anak-anak mencoblos di tps lebih dari satu kali sednag kita buru,”jelas Kasat Reskrim Polres Mamuju, Akp Syamsuriansah

Ia menambahkan, dari hasil pemeriksaan tahap awal yang sebelumnya telah dilakukan pihak gakumdu, telah menemukan bukti – bukti formil dna materil yang sa. Pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan tahap pelaku yang natinya akan dilakukan di kantor sentra gakumdu tingkat kabupaten mamuju.

Atas perbuatan keempat anak ini, ia dijerat dengan pasal 55 dan 33 undang – undang pemilu. Sementara itu pihak kpu sendiri dalam waktu dekat ini akan melakukan pemilihan ulang di tps 15 kelurahan karema, tempat keempat pelaku ditangkap melakukan tindak pidana pemilu. Pemilu ulang meliputi Pemilihan DPR RI, DPD RI, DPR PROVINSI  dan DPRD Kabupaten Dapil 1. (MN-11)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *