Pilpres di Malaysia Digelar Lebih Awal, Ribuan TKI Antusias Gunakan Hak Pilihnya Dimasa Rehab

Demokrasi Nasional News Pemilu Polewali Mandar Presiden
Bagikan
  • 167
    Shares

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Ribuan tenaga kerja indonesia yang bernaun di berbagai perusahaan swasta di Malaysia, mulai menggunakan hak pilihnya sejak Senin (8/4/2019) kemarin. Di perusahaan Focus Lumber di Keningau, Sabah, Malaysia salah satu perusahana playwood mislanya, meski tak diliburkan para TKi menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon Presiden dan DPR di masa rehab atau masa pergantian sid kerja.

Puluhan petugas kotak suara keliling (ksk) dari panitia pemilihan luar negeri PPLN ini mendatangi kawasan perusahaan focus lumber di keningau sabah malaysia, Senin pagi (8/4/2019) kemarin.

Meski tps belum siap tampak sejumlah tki meilih menggunakan hak pilihnya di bilik suara sebeum masuk kerja. Mereka tampak antri menunggu giliran di depan tps untuk mendapatkan kesempatan untuk menntukan pilihannya di bilik suara. Bahkan sejumlah tki yang tak ingin ketingalan mengguankan hak suaranya tampak sudha hadir di tps sebelum panitia siap membuka pencoblosan.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Seperti pemilu di tanah air, panitia mendirikan tenda atau tps untuk menggelar pemilihan suara presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota dpr ri.

Jika di indoneisa dikenal dengan sebutan tps berjalan, di malaysia para tki menyebutkanya dengan kotak suara berjalan.

Ribuan tki asal indonesia yang bekerja di perusahana focus lumber, yang dibagi dalam dua sid kerja tampak antusias memanfaatkan hak pilihnya di bilik suara. Meski tak diliburkan saat pemilihan berlangsung, namun para tki tetap antusias mendatangi tps,  saat waktu rehab kerja atau saat pulang dan mulai masuk kerja.

 

Pilpres di Malaysia Digelar Lebih Awal, Ribuan TKI Antusias Gunakan Hak Pilihnya Dimasa Rehab

 

Cia, salah satu tki asal pinrang sulawesi selatan yang sudah puluhan tahun jadi tki di sabah malaysia mengaku ikut mencoblos menggunakan hak pilihnya kotak suara keliling yang disiapkan panitia pemungutan luar negeri.

“Bnayak TKI manfaatkan waktunya mencoblos sebelum masuk kerja atau waktu rehab kerja,”jelas Cia mengaku sudah mencoblos pasangan capres tertentu meski ia tetap merahasikan siapa pasnagan capres pilihannya.

Menurut Cia meski para tki sibuk bekerja di  perusahaan tempat masing-masing bekerja, namun mereka tetap antusias menggunakan hak pilihnya di bilik suara. Mereka tidak lupa dengan masa depan negara mereka sendiiri meski ia sedang berjuang memperbaiki nasib diiri dan keluarganya di luar negeri.

Menurut cia, pelaksanaan pemilihan presiden dan anggota dpr 2019 di keningau, sabah, malaysia tahun ini berlangsung lebih ketat dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. Cia membandingkan, jika pemilu sebelumnya para tki bebas mencoblos dimana saja, namun pemilu kali ini mendapat pengawasan ketat dari para saksi, panitia pengawas dan konsulat indonesia di malaysia.

Jika di indoneia petugas tps akan mengakhir atau menutup aktifitas pencoblosan pada siang hari, namun panitia pemungutan suara luar negeri dibuka hingga petang hari untu mneyesuakian waktu rehab atau masa pergantian sid kerja para tki di pagi dan petang hari. (MN-12)

 


Bagikan
  • 167
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *