Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini, 700 Siswa di Polman Ikuti Sikat Gigi Massal

Anak dan Problematikanya Kesehatan Life Style Nasional News
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Sebanyak 700 siswa perwakilan sekolah di Polewali Mandar sulawesi barat mendapat edukasi tata cara mebersihkan gigi dna mulut sejak dini di SD 001 Polewali Mandar, Sabtu (6/4/2019). Kegaiatn yang digelar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Polewali Mandar bekerjasama denagn dinas pendidikan Polman ini dalam rangka memperingatan hari World Oral Health Day (WOHD 2019)

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang digelar PDGI Polman di SD 001 Polewali mandar ini tampak 700 siswa di sekolah ini mendapat edukasi tata cara membersihkan gigi dan mulut sejak dini dari 29 dokter gigi yang hadir.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah, Andi Bebas Manggazali, didampingi oleh lurah Polewali, pejabat, guru, seta beberapa tamu undangan lainnya.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Sekertaris Daerah Polman Bebas Manggazali dalam sambutannya mengatakan, melalui tema peringatan hari kesehatan gigi dan mulut sedunia tahun ini merupakan suatu ajakan kepada warga dan anak-anak sekolah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini sesuai dengan program pendidikan kesehatan gigi dan  mulut yang digalakkan oleh Puskesmas.

Beberapa dekade terakhir, masalah karies gigi (kerusakan gigi) masih tetap menjadi salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang palin sering terjadi pada anak-anak. Salah satu upaya untuk mencegah dan menanggulangi masalah tersebut adalah melalui pendidikan kesehatan gigi dan mulut yang diperingati setiap hari.

“Saya berpesan kepada seluruh anak-anakku, agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan kepada PDGI bisa terus menjadi pelopor dan aktor dalam mengedukasi kepda masyarakat,”pesan Sekda.

Untuk menjaga kesehatan gigi dna mulut sejak dini, 700 Siswa di Polman sulawesi barat Ikuti sikat migi massal sebagai bentuk edukasi menjaga kesehatan gigi dna mulut sejak dini.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Polewali Mandar Drg. Sudirman Rauf mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 50 cabang dari 243 cabang PDGI seluruh Indoinesia.

Kegiatan ini bukan hanya di SDN 001 saja, namun  tahun sebelumnya telah dilakukan di kecamatan lain, seperti di Campalagian, Tinambung, dan wilayah Kecamatan Lainnya.

“Kali ini, ada tiga rangkaian kegiatan pertama penyuluhan,kedua pemeriksaan gigi dan sikat gigi massal. Pemeriksaa gigi dilakukan sebelumnya, sebelumnya ada kunjungan ke sekolah,”katanya.

Bentuk kegiatan, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut akan diketahui hasilnya 21 hari kedepan. ada hari evaluasi. Kami memeriksa kondisi gigi anak-anak sebeum dilakukan tindakan.

“kami berharap, kegiatan ini memberi manfaat yang sangat besar bagi peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, perilaku hidup sehat pada siswa SD dan tentunya mncetak genersai bangsa yang sehat dan cerdas.  Semoga nanti kedepannya PDGI Polman bisa terus melaksanakan kegiatan sosial lainnya demi terwujudnya kesadaran masyarakat akan menjaga kesehatan gigi dan mulut,”tutupnya.

Kepala Sekolah SDN 001 Nurjannah menyambut baik kegiatan ini. Dalam program ini semua siswa terlibat. Mereka dibagikan sikat gigi secara gratis, kemudian dipusatkan di SDN 001.

“Insha Allah kedepannya, kami akan gandeng tiga kegiatan sekaligus, misalnya, sarapan sehat, cucii tangan sebelum makan dan sikat gigi,”pungkasnya.  (MN-09)


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *