2000-an Surat Suara Ditemukan Rusak di Mamuju

Demokrasi KPU Legislatif Mamuju Nasional News Pemilu Presiden
Bagikan

MAMUJU, LINI1.COM – Sejak dua hari proses sortir dan peliptan surat suara berlangsung, Kpu Mamuju, Sulaweis Barat sudah menemukan 2000 lebih lembar surat suara rusak. Kerusakan ditemukan antara lain dalam bentuk pisik surat suara robek, penuh bercak tinta, dan hasil cetakannya buram. Rencananya pihak Kpu Mamuju akan langusng membuatkan berita acara untuk mengusulkan penggantian surat suara yang rusak.

Proses pelipatan surat suara yang berlangsung sejak dua hari di kantor Kpud Mamuju telah menemukan sebanyak dua ribuan lebih surat suara rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Kerusakan ini antara lain diakibatkan karena robek, ditemukan bercak tinta pada surat suara, cetakan surat suara buram dan lainnya. Kerusakan yang ditemukan tersebut mruni dari percatakan dna bukan kerusakan selama proses penyortiran atau pelipatan surat suara.

Diperkirakan kerusakan surat suara tersebut masih akan bertambah menyusul hari in proses sortir dan pelipatan surat suara di kpud mamuju masih terus berlangsung.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Ketua Kpu Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan. Rencananya setelah rampung pelaksanaan pelipatan surat suara yang akan berlangsung hingga dua hari nanti, pihaknya akan langsung membuatkan berita acara yang akan di tujuakan Kpu provinsi untuk diteruskan kpu ri, agar dilakukan penggantian surat suara yang rusak.

“Selama dua hari berjalan prose sortir dan pelipatan sudha ditemukan sekitar 2000-an surat suara rusak karena robek, penuh bercak tinta dna cetakannya buram,”jelas Hamdan dangkang, Ketua Kpu Mamuju

Hamdan menyatakan, kerusakan surat suara ini diyakini masih akan terus bertambah, hinga proses sortir dan pelipatan surat suara dua hari kedepan.

Agar surat suara rusak tersebut tidak disalahgunakan oleh pisak yang tidak bertanggungjawab, renacanya surat suara rusak tersebut akan dihitung ulang sebelum dimusnahkan dengan cara dibakar.

Dalam pelipatan surat suara ini, Kpu Mamuju mengerahkan sebanyak 230 orang tenaga untuk melakukan penyortiran dna pelipatan. Jumlah surat suara yang dtediri dari dpd ri, dpr ri, dpr propinsi dna dpr kabupaten sebanyak 856,912 lembar. Rencanya penyortiran ini akan berlangsung hingga dua hari kedepan. (MN-013)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *