Petugas Sortir Surat Suara Wajib Periksa Handphone Hingga Potong Kuku

Demokrasi Gakkumdu KPU Legislatif Nasional News Panwaslu Pemilu Polewali Mandar Presiden
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Tak mudah lolos menjadi petugas sortir surat suara di kantor KPUD Polewali Mandar sulawesi barat. Warga yang mendaftarkan diri sebagai petugas sortir harus menjalani serangkain proses pemeriksaan ketat dari puuhan aparat polisi dna petugas KPU. Mulai dari pemeriksaan barang bawaan, seperti tas, kunci motor, saku celana, dompet, Handphoe hingga pemeriksaan kuku. Petugas yang ditemukan kukunya panjang langsung dipotong. Hanya warga yang dinyatakan lolos pemeriksaan yang bisa diperkenankan masuk ke dalam gudang tempat pelipatan surat suaa.

Langka pengetatan petugas pelipatan dan sortir surat suara pemilu 2019 ini dilakukan KPUD Polewali mandar untuk menjaga hal hal yang tidak diingingkan. Selama proses sortir dan pelipatan surat suara berlangsung, petugas tidak diperkenakan mebawa barang-barang apa saja yang dinilai bisa mengganggu tidak diperkenakan dibawah ke dalam gudnag tempat pelipatan surat suara berlangsung.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Warega yang mendaftrajan diriu sebgaai petugas pelipatan surat suara harus melalau sernagkaian pemeriksaan petugas dan kpu sebelum diperbolehkan ikut menjadi bagian dari kegaiatn mensukseskan pemilu 2019.

Petugas sortir surat suara di KPUD Polewali mandar sulawesi barat wajib periksa handphone, tas, domet hingga potong kuku

Petugas sortir harus menjalani pemeriksaan ketata seperti tas bawan, HP, kunci motor, Handphoen, hingga kuku yang panjang pun harus diperiksa petugas. Petugas sortir yang ditemukan kukunya panjang langsung dipotong petugas saat pemeriksaan berlangsung. Hanya warga yang dinyatakan lolos yang diperkenanakan masuk ke dalam gudang tempat peliptan suarat suara berlnagsung.

Pemeriksaan alat komunikasi seperti HP ini dilakuakn agar dokumen pemilu ini tetap terjaga kerahasiananya hingga pemilu mendatang. Sementara pemotongan kuku bagi setiap peserta pelipata surat suara dilakuakan petugas karena dikhawatirkan, petugas yang kukunya panjang berpotensi merobek kertas suara selama proses pelipatan dan penyortiran berlangsung.

Kapolres Polman, AKP Muh Rifai menyebutkan, pemeriksaan ketata petugas sortir ini dilakukan sesuai SOP pengamanan dokumen pemilu. Semau barang atau apa saja yang berpotensi merusak okumen pemilu surat suara atau disalahgunakan diperiksa dan digeledah ketata petugas. Termasuk langsung memotong kuku petugas sortir yang ditemukan panjang.

“Intinya semua barang atau apa saja ayng berpotensi merusak dokumen pemilu atau menyalahgunakannya itu digeledah petugas,”jelas Kapolres.

 

Petugas Sortir Surat Suara Wajib Periksa Handphone Hingga Potong Kuku

Minimnya pentilasi dan sarana pendinginan ruangan di tempat penortiran dna pelipatan surat suara membuat ratysa petugas sortir gerah dna kepanasan selama prose spelipatan surat suara belrnagsung sejak pagi hkngga sore hari.

Cucuran keringat petugas sortir yang kepanasan selama proses sortir dan pelipatan surat suara berlangsung ini juga dikwatirkan akan merusak kertas suara terutama saat terkena tetesan keringan petugas sortit.

Sekitar 500 petugas sortir yang dikerahkan KPUD Polman rencanaya akan melakukan penyortiran selama empat hari. KPU menargetkan seluryh dokumen pemilu tersbeut akan rampung dna didistribusikan ke tps paling lambat sehari menjelang hari H pemilu 17 April 2019 mendatang.  (NM-06).

 


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *