Kotak Suara Kardus Dibuang KPU Sulbar ke Laut

Demokrasi Gakkumdu Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 3
    Shares

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – KPU Sulbar tengah membuat sensasi di tengah polemik kotak suara kardus yang banyak dikhawatirkan publik akan mudah robek dan disalahgunakan pihak-pihak tertentu. Untuk meyakinkan khalayak, dua kotak suara kardus yang telah dibungkus rapih dengan plastik tambahan dan diisolatif dengan rapat, dilemparkan dan dilarung ke tengah laut. Dua petugas Kpu kemudian melompat ke tengah laut dan berjibaku menyelamatkan kotak suara dengan cara berenang menantang gelombang laut untuk mengambil kembali logistik pemilu tersebut.

Dua kotak suara kardus yang sebelumnya telah dibungkus plastik tambahan dan diisolatif dengan rapat ini dilemparkan dan dilarung dari atas perahu ke tengah laut secara bersamaan oleh petugas KPUD Polman dan KPUD Sulbar di perairan pulau Battoa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu (22/12/2018) kemarin.

Ketua KPUD Sulbar, Rustang menyebutkan, simulasi uji ketahanan dan kedap air dengan cara kotak suara kardus dilemparkan petugas kpu ke tengah laut terbukti aman. Menurut rustang kardus kotak suara bukanlah karton biasa, tapi karton yang terbuat dari serat kayu yang kuat. Soal keamanananya dinilai kpu akan lebih aman, karena nanti akan diawasi lebih banyak stake holder pemilu yang terlibat.

0752312183_SULBAR_DIBUNGKUS PLASTIK DAN ISOLATIF, KOTAK SUARA DILEMPAR KE LAUT 2A 004

Ditanya soal potensi kotak suara dirusak pihak tertentu seperti di cutter untuk mencak-acak dokumen pemilu, rustang menjamin tidak akan terjadi tindakan pengrusakan, alasannya pengamannya cukup ketat dan melibatkan semua stake holder pemilu seperti bawaslu, polisi, kpu, saksi dan pengawas lainnya.

“Kita pastikan ini aman. Tadi kita sudah simulasi sama-sama soal ketahanan air dan terbukti tidak ada masalah. Soal kemungkinan dirusak saya kira pengamananya ketat dan melibatkan semua stake holder pemilu, termasuk polisi, Bawaslu, KPU dan lainnya, jadi saya kira aman,”jelas Mustang, Ketua KPUD Sulbar,

Sebelum dilemparkan ke tengah laut, dua kotak suara ini dibawah petugas KPU ke tegah laut menggunakan perahu nelayan setempat. Tiba di tengah laut kotak suara kardus yang sudah disiapkan tersebut dilemparkan petugas bersamaan ke tengah laut hingga dipermainkan gelombang.

Beberapa detik kemudian, dua petugas KPU pun melompat ke tengah laut dan berjibaku mengambil kembali logistik pemilu tersebut untuk dievkuasi ke daratan. Dua petugas KPU yang berenang mengambil kembali kotak suara kardus yang tengah diperainkan ombak tersebut, tampak kesulitan membawa kotak suara sambil berenang di tengah gelombang laut.

Sayangya, meski sudah dibungkus plastik tambahan dan dibalut dengan isolatif masih ditemukan kebocoran hingga merembes ke dalam kardus tersebut, karena plastiknya kemasukan air. Dua kotak suara yang diperiksa bersama-sama usai dilemparkan ke  laut tersebut, ternyata beberapa bagian plastik tambahan bocor hingga air laut masuk dan membasahi kotak kardus tersebut.  (MPOL-012).

 

Kotak Suara Kardus Dibuang KPU Sulbar ke Laut

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 

 

 

 


Bagikan
  • 3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *