TKI Malaysia Terdaftar Jadi Pemilih Ganda di Pasangkayu

Demokrasi Hukum KPU Nasional News Pemilu Presiden
Bagikan

MAMASA,LINI1.COM – Meski pemilihan umum tinggal empat bulan lagi, namun daftar pemilih tetap (DPT) di Pasangkayu Sulawesi Barat masih menyisahkan sejumlah persoalan seperti validitas data pemilih yang tidak akurat. Dari hasil penelusuran komisi pemilihan umum mamuju utara, kabupaten pasangkayu masih menemukan dilapangan beberapa data ganda seperti data Tki di Kecamatan Sarudu terdaftar sebagai pemilih ganda.

Data ganda TKI yang sudha puluhan tahun di Malaysia ini ditemukan pihak KPU Mamuju Utara, Kabupaten Pasangkayu setelah melakukan pencermatan terhadap daftar pemilu, yang kemudian menemukan daftar pemilu ganda lintas luar negeri.

Data tersebut muncul dikarenakan Usman Amir dan Rusni Hattab sebagai pasangan suami istri terdaftar sebagai pemilih luar negeri dan juga terdaftar sebagai pemilih di Kecamatan Sarudu.

Keduanya diketahui pernah menjadi TKI di negeri jiran Malaysia dan kini telah berdomisili tetap di dusun Monrowali desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu hingga saat ini.

0751012182_SULBAR_TKI MALAYSIA TERDAFTAR JADI PEMILIH GANDA DI PASANGKAYU 2B 005

Komisioner Devisi Perencanaan Data Dan Informasi KPU Mamuju Utara, Syahruddin mengatakan, dari hasil faktualisasi di lapangan keduanya ini sudah berada dan menetap di desa sarudu dan tak lagi menjadi TKI di Malaysia. Keluarga bersangkutan akan di daftarkan sebagai pemilih tetap di mamuju.

“Kesluarga bersangkutan memang pernah menjaid TKI, tapi sudah lama kembali ke kampung halamannya dna tidak kembali lagi ke Malaysia,”jelas Syahruddin, Komisioner Devisi Perencanaan Data Dan Informasi KPU Mamuju Utara

Dari penelusuran KPU Pasangkayu, kedua TKI ini pernah berada di Kucing, Malaysia dan memiliki passport resmi, sehingga terbaca menjadi pemilih lintas luar negeri. Sementara pihak KPU memastikan warga yang memiliki data ganda tersebut  tetap bisa menggunakan hak pilihnya, baik pemilihan  nuntuk egislatif  di daerah maupun pemilihan presiden April 2019 datang. (MPAS-09).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *