Puluhan Pasien Terserang DBD Dilarikan ke Rumah Sakit dan Puskesmas

Anak dan Problematikanya Nasional News Penyakit
Bagikan

PASANGKAYU,LINI1.COM – Puluhan pasien terserang Penyakit Demam Berdarah (DBD) sejak musim hujan di Pasangkayu Sulawesi Barat dilarikan ke sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit setempat. Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, pemerintah daerah melalaui dinas kesehatan telah melakukan fogging massal terbatas di sejumlah lokasi, termasuk melakukan sosialisasi penggulangan dbd seperti kampanye 3m di berbagai tempat.

Jumlah pasien penyakit Demam Berdarah (DBD) yang dilarian ke puskesmas dan rumah sakit di Pasangkayu terus bertambah sejak dua bulan terakhir. Korbannya tak hanya kalangan dewasa, orag tua atau lansia tapi juga kalangan anak-anak paling rentan terserang DBD.

Puluhan pasien penderita dbd di ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) pasnagkayu ini misalnya terpaksa dirawat inap karena dinyatakan positif terjangkit DBD.

Meningkatnya penderita DBD ini diduga dipicu banyaknya genagan air di dalam kota karena buruknya sistem drainase dan kurangnya kesadaran warga membuang sampah bukan pada tempatnya, membuat saluran air buntu dan tergenang di sana sini.

0750512184_SULBAR_PULUHAN PASIEN DBD DILARIKAN KE PUESKESMAS DAN RS PASANGKAYU 2A 003

Tim penggulangan penyakit Dinkes Pasangkayu, Titi Wardini menyatakan kota Pasangkayu telah ditetapkan dalam kategori luar biasa. Dinas kesehatan mulai meakukan fogging massal terbatas ke sejumalah areal yang dianggap rawan tempat berkembangnya jentik nyamuk.

“Kota pasangkayu sudah ditetapkan KLB DBD sejak pasien erus meningkat dua bulan terakhir,”jelas Titi Wardini, Tim Penggulangan Penyakit Dinkes Pasangkayu

Meski penderita DBD Tercatat terus bertambah sejak dua bulan terakhir, terutama saat wilayah pasang kayu memasuki musim penghujan, namun hingga kini belum ada masyarakat yang dilaporkan meninggal karena DBD.

Berbagai upaya penanggulangan penyakit DBD mulai dilakukan aparat pemerintah setempat. Sejumlah kawasan perumahan dan lokasi pemukiman kumuh yang dikhawatiran menjadi sumber penyebaran penyakit DBD mulai dipogging massal secara terbatas.

Meski pemerintah belum meiliki data akurat soal jumlah korban DBD di semua pukesmas dan rumah sakit, pemerintah setempat telah menyatakan situasi kejadian luar biasa atau Klb.

Pihak dinkes meminta warga agar memperhatikan kebersihan terutama genagan air, karena genangan air salah satu penyebab dan tempat berkembangnya jentik nyamuk DBD berkembang. (MPASANG-05).

 

Puluhan Pasien Terserang DBD Dilarikan ke Rumah Sakit dan Puskesmas

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *