Sungai Dara Meluap, Warga Bantaran Sungai Panik dan Berjaga-jaga

Banjir Bencana Alam Lingkungan Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Hujan deras yang menengguyur wilayah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejak Minggu (2/12/2018) sore kemarin menyebabkan sungai Dara yang membelah Polewali Mandar meluap. Luapan banjir membuat warga di sepanjang bantaran sungai Dara panik dan berjaga-jaga di sekitar pemukima dan bantaran sungai.

Debit air sungai Dara yang mendadak meluap hingga merendam areal persawahan dan perkebunan milik warga ini dipicu tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Poleali Mandar, terutama di sepanjang muara sungai Dara, sejak Minggu sore kemarin.

Warga di sepanjang bantara sungai Dara yang menyaksikan luapan banjir sempat panik dna berjaga-jaga di sepanjang muara sungai da pemukiman mereka. Warga khawatir lantaran debit air yang meluap tak hanya merendam areal perswahan dna perkebuna milik warga, namun kawasan pemukiman penduduk di dtaran yang lebih tinggi jarak air dari muara sungai tinggal beberapa centimeter saja.

0750312181_SULBAR_SUNGAI DARA MELUAP, WARGA BANTARAN SUNGAI PANIK 2A 001

Warga kelurahan Darma Polewali mandar, Irsyad menyebutan, sejak musim hujan tahun ini daerah mereka sudah tiga kali terendam banjir, namun lupan banjir hari ini paling parah.

“Ini sudah ketiga kalinya banjir, tapi hari ini yang paling parah, awah dna perkebunan yang bau ditanami tomat habis sudah,”jelas Irsyad

Menurut Irsyad, Ratusan hektar sawah yang baru ditanam padi milik petani di lingkungan jambu tua terendam banjir. Banjir juga mengancam pemukikman warga di sepanjang bantaran sungai Dara, terutama di Desa Basseang yang letaknya beradadi dataran rendah. 

Selain luapan banjir menggenangi perkebunan dn areal perswahan milik warga, banjir juga menyebabkan poses abrasi sungai Dara yang terus menerus menggerus beberapa lokasi dan pemukiman warga di sepanjang bantaran sungai.

Warga yang berjaga-jaga di sepanang bantaran sungai Dara rencananya akan mengungsi ke trempat yang lebih aman jika debit air yang terus meninggi sejak sore kemarin berpotensi membahayakan keselamatan warga dan pemukima warga, terutama yang berada di sepanjang muara sungai. (mpol-08).

 

Sungai Dara Meluap, Warga Bantaran Sungai Panik dan Berjaga-jaga

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *