8 Warga Tertimpa Tebing Batu Setinggi 50 Meter, Dua Tewas, 6 Selamat

Bencana Alam Gempa Longsor Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Sebuah tebing batu setinggi 50 meter lebih longsor dan menimpa warga 8 delapan warga Kecamatan Tutar, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa Sore (27/1/2018) lalu. Enam warga berhasil lolos dari reruntuhan batu, sedang dua lainnya tewas tertima batu besar dalam kondisi badan remuk. Akses jalan desa yang belum dilalui transfortasi umum dan alat berat membuat upaya pencarian hanya dilakukan secara manual menggunakan tangan, linggis dan peralatan seadanya.

Tebing batu setinggi lima puluh meter yang terletak di Desa Taramanu Tua, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat longsor dan menimpa delapan warga desa setempat yang tengah melins di jala setapak persis di bawah tebig yang runtuh atau longsor. Akibatnya dua warga tewas tertimpa batu besar hingga remuk, sedang enam warga lainnya berhasi melarikan diri sata bbatua mulai ambruk.

Kedua korban adalah Darmi (40 Tahun) Dan Ida (27 Tahun) yang merupakan satu keluarga ibu dan anak. Keduanya tewas dengan kondisi mengenaskan setelah tertimpa reruntuhan batu yang berada di pinggir sungai mandar. Kedua korban diketahui sedang dalam perjalanan menuju pulang ke rumah usai mengumpulkan kemiri di kebunnya.

0752911181_SULBAR_8 WARGA TERTIMPA TEBING BATU SETINGGI 50 METER 2A 008

Mahyuddin, salah satu korban yang selamat menceritakan mulanya ia berjalan di jalan setapat persis di samping tebing. Jalan in merupakan jalan terdekat dari ebun warga ke perkampungan.

Saat kedelapan warga termasuk mahyuddin melintas persis di samping tebing tiba-tiba terdengar suara retakan batu, para korban berusaha berlarian menyelamatkan diri. Sayang dua korba diantaraya tak bisa enyelamatkan diri karea tertimpa bongkahan batu besar, sednag enam lainya behasil lolos.

“Kai pulang dari kebun lewat jalan pintas. Saat melintas tiba-tiba tebing brgerak dna longsor, semua berlarian tapi dua tertimpa batu,”jelas Mahyuddin, Korban Selamat

Belum diketahui secara pasti pemicu runtuhnya tebing batu setinggi 50 meterlebih ini, namun warga menduga retakan tebing batu ini akibat pengaruh rentetan gempa beruntun di mamasa yang getarannya berdampak hingag ke darah sekitarya termasuk kepolewali mandar.

Tim gabungan dari tni, polri, bpbd dibantu oleh relawan dan warga sekitar, terus melakukan upaya pencarian korban. Namun beratnya medan menuju lokasi kejadian dan terbatasanya alat yang digunakan membuat proses evakuasi korban berjalan lambat.

0752911181_SULBAR_8 WARGA TERTIMPA TEBING BATU SETINGGI 50 METER 2A 004

Kepala Desa Taramanu Tua, Ahmad menyebutkan aparat desa setempat bersama relawan dan Tni/Polri telah melakukan pencarian korban dengan cara manual. Minimnya peralatan membuat upaya pecarian korban tak mudah lantaran batuan besar menimpa korban tidak meudah dievakuasi tau digeser

“Warga bersama relawan termasuk TNI/Polri bahu membahu melakukan pencarian korban secara manual,”jelas Ahmad, Kepala Desa Taramanu Tua

Hingga kini petugas telah menemukan satu korban bernama ida. Korban ditemukan dengtan jasad nyang sudah tidak utuh lagi. Petugas masih terus melakukan pencarian terhadap korban lainnya yang bernnama darmi yang hingga kini jasadnya belum berhasil ditemukan. (MPOL-04).

 

8 Warga Tertimpa Tebing Batu Setinggi 50 Meter, 2 Tewas, 6 Berhasil Selamat

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *