Penomena Semburan Air Tawar di Pantai Bahari Dipercaya Sebagai Obat Manjur, Tambah Kecantikan Hingga Pelaris Jualan

Budaya Gempa Lingkungan Nasional News Penomena Alam Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Penomena sumburan air tawar yang muncrat di tiga titik di Jalan Bahari Polewali Mandar, Sulawesi Barat, beberapa hari terakhir mulai mengundang pro kontra masyarakat. Sejumlah warga percaya semburan air di laut tersebut memiliki khasiat sebagai obat manjur, menambah kecantikan hingga jadi pelaris jualan. Warga lainnya bahkan percaya semburan air yang belum diketahui asal usulnya itu serupa dengan air zam-zam di tanah suci mekah yang sudah terbukti secara imiah mengadung banyak khasiat untuk kesehatan. Tak heran jika sejumlah warga mulai mengambil air dari lokasi ini untuk berbagai keperluan.

Minimnya penjelasan atau penerangan dari pemerintah setempat terkait penomena semburan tiga titik air yang muncul di jalan bahari Kelurahan Mambulilling Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejak diguncang gempa beruntun beberapa hari terakhir mulai menggiring masyarakat ke hal-hal mistikisme.

Perdebatan pendapat di tengah masyarakat terkait asal usul air tawar yang muncrat  di laut ini pun mulai mengundang polemik panjang, antar warga yang percaya semburan air yang muncul dari perut bumi tersebut sebagai pembawa mukjizat, dengan warga yang menolak masyarakat tergiring ke hal-hal mistikisme atau kepercayaan berbagau supranatural, atau di luar jangkauan akal sehat manusia.

Amang, Warga Patoke, Polewali Mandar Sulawesi Barat misalnya percaya semburan air di bibir pantai di Jalan Bahari Kelurahan Mambulilling Polewali Mandar ini berkhasiat sebagai obat mujarab untuk beragam penyakit.

Amang yang mengambil langsung dari titik semburan air ini, tampak tak henti-hentinya meminum dan meneteskan air tawar itu di wajah dan matanya yang kabur agar kelak bisa sembuh. Amang bahkan beberapa kali mendemonstrasikan dengan cara meminum langsung air yang muncrat di laut ini dengan botol air mineral yang sudah ia isi sebelumnya.

Sejumlah warga yang tidak sepaham, tentu saja membantah argumnetasi Ammang. Namun amang tak bergeming dari pendapatnya. Warga patoke ini mempersilahkan warga yang tidak sepeham atau tidak percaya jika air yang tak jelas asal usulnya itu tidak berkhasiat sebagai obat.

Namun menurut amang bekhasiat atau tidak sebuah benda termasuk air yang muncrat di pantai ini tergantung apakah seseorang itu percaya atau tidak. Jika percaya ia akan berkhasiat sebagai obat, namun jika tidak percaya juga tak membawa apa-apa.

“Intinya apakah kamu yakin atau tidak.Kalau kamau yakin bisa jadi obat bisa jadi manjur, tapi kalau tidak ya juga tk mebawa apa-apa,”jelas Amang, Warga Patoke.

0751611183_SULBAR_PENOMENA SEMBURAN 3 TITIK AIR PASCA GEMPA DI POLMAN 2A 001

Lain lagi Siti Aminah, ibu rumah tangga ini semula hanya mendengar cerita heboh tentang adanya tiga sumber air yang ditemukan muncrat di bibir pantai polewali mandar pasca diguncang gempa beruntung dua pekan terakhir.

Setelah beberapa kali menyeruputnyanya langsung dari sumber mata air di lokasi semburan, Siti Aminah memastikan air tersebut bukanlah air asin atau air laut. Siti Aminah bahkan mengaku air tawar di laut itu sama dengan air zam-zam di tanah suci mekah yang sudah terbukti secara ilmiah memiliki banyak khasiat kesehatan.

“Rasanya seperti air zam-sam, bisa jadi obat manjur untuk kesehatan,”jelas Sitti Aminah megaku sudah menyeruputay beberapa kai untuk membuktikannnya langsung

Aminah pun membawa sebotol air tawar pulang ke rumahnya. Alasannya akan dijadikan obat. Sayangnya aminah tidak tahu untuk obat apa sebotol air mineral yang ia bawa pulang ke rumahnya.

Tak jauh berbeda dengan Amang dan Siti Aminah, Sittio, pedagang kaki lima ini di jalan olahraga itu sengaj membawa ember kecil dari rumahya. Karena tak bisa berjalan menyusuri tanggul penahan ombak hingga ke lokasi semburan, sittio menitipkan ember plastik miliknya  ke wrga agar diisi dengan air yang diyakini punya khasiat kesehatn tersebut.

“Katanya bisa jadi obat mujarab, tapi belum tahu untuk obt apa saja,”jels Sittio sambil menenteg air satu ember kecil dari pust semburan air penomenal ini.

Sittio pun membawa satu ember air tawar tersebut pulang ke rumahnya. Alasannya akan dijadkan obat apa saja.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan khasiat air tawar di pantai bahari, termasuk belum diketahui asal usul sumber air tersebut, namun sejumlah warga yang percaya semburan air tersebut mempunya khasiat untuk kesehatan, sengaja membeli satu botol air mineral. Isi air minerlanya yang sudah dijamin higienis dan sehat dibuang lalu diiisi dengan air tawar  di laut ini.

Tak hanya masyarakat sekitar yang memdatangi lokasi semburan, warga kecamatan lain yang mendengar kabar munculnya tiga titik semburan air tawar di pantai ini sengaja datang ke lokasi karena penasaran ingin melihat langsung penomena alam tersebut

Lokasi semburan air tawar yang hanya berjarak puluhan meter dari pasar baru  polewlai mandar mebuat banyak warga yang percaya sumber air tersebut sebagai pembawa berkah, lalu mengambilnya sebagai pelaris jualan. Tak punya wadah botol, kantung plastik sayuran pun digunakan sebagai wadah untuk menampung air penomenal tersebut.  (MPOL_08).

 

Penomena Semburan Air Tawar di Pantai Bahari Dipercaya Sebagai Obat Manjur, Tambah Kecantikan Hingga Pelaris Jualan

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *