8 Rumah Warga Mamasa Tertimbun Longsor, Puluhan KK Diungsikan ke Rumah Penduduk

Bencana Alam Gempa Longsor Mamasa Nasional News Pengungsi
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Delapan rumah warga di Dusun Sareppe dan Lalangpeu, Desa Aralle Timur, Kecamatan Buntu Malangka, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat hancur tertimbun longsor ribuan kubik saat diguncang gempa 5,5 sr Kamis Lalu (15/11/2018) lalu. Puluhan kepala keluarga yang selamat dari bencana longsor kini diungsikan ke rumah-rumah penduduk yang aman dari longsor. Akes jalan dan sarana komunikasi yang tidak memadai membuat laporan bencana alam ini baru sampai ke kabuten beberapa hari kemudian.

Bencana alam tak henti-hentinya menimpa Warga Mamasa Sulawesi Barat sejak dua pekan terakhir. Setelah diguncang gempa beruntun hingga memporakporandakan ratusan rumah dan perkantoran pemerintah, sebagain warga Mamasa berduka dilanda longsor ribuan kubik batu bercamur lumpur dan pepohonan.

Bencana longsor ini terjadi di Dusun Sareppe Dan Lalangpeu, Desa Aralle Timur, Kecamatan Buntu Malangka, Kabupaten Mamasa sekitar pukul 2.30 wita, kamis (15/11/2018) dinihari beberapa saat setelah diguncang gempa cukup dasyat.

Sebanyak 8 rumah warga hancur tertimbun longsor. Selain itu dua rumah warga lainnya dan sebuah rumah ibadah juga mengalami rusak berat.

Material longsor yang terdiri dari bebatuan dan batang pohon besar menyulitkan proses evakuasi secara manual.

Hingga kini belum ada alat berat yang dikerahkan pemerintah ke lokasi longsor karena lokasi ini medannya memang sangat sulit dijangkau oleh kendaraan. Jalur ini baru terbuka dan hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, setelah warga secara bergotong royong membersihkan material longsor seperti kayu dna bebatuan yang bisa disingkirkan.

Kepala desa aralle tmur, nirman dolangi mengatakan, dusun sareppe dan Lalangpeu Dihuni Sebanyak 78 Kk. Sesaat sebelum longsor berutun sebanyak tiga kali berturut-turut, sempat  terdengar suara gemuruh dari atas tebing.

Beruntung saat kejaidan, warga masih sempat berlarian keluar rumah aat materia longsoran ertama mulai menghntam dinding dan atap rumah mereka hingga menimbulkan suara gemuruh dasyat yang membuat panik warga hingga berlarian meninggalkan rumah dinihari.

Okoh masyaraat setempat juga sempat menghimbau warga dinihari agar segera mengungsi keluar rumah. Baru sekitar10 menit setelah pengumuman dinihari lewat engers suara mesjid itu di smapaikan, longsor besarkembai terjdi dan menimbun delapan rumah warga yang sudah ditinggalkan pemilik dan anak-anaknya berlarian sebelum kejadian.

“Sebelum longsor susulan yang lebih besar wrga sempat mengumumkan di mesjid agar warga mengungsi keluara rumah, setelah longsor pertama sempat menghantam dinding dan atap ruamh hingga menimbulkan suara gemrurh. Berutung sata warga dan anak-anak mereka sudha di luar rumah baru longsor suslan yang besar terjadi,”jelas Kepala Desa Aralle Tmur, Nirman Dolangi.

0751711183_SULBAR_8 RUMAH WARGA MAMASA TERTIMBUN LONGSOR 2A 013

Pukulan kepala keluarga saat ini diungsikan aparat pemerintah setempat ke rumah-rumah penduduk terdekat yang loos dari bencana longsor. Saat malam hari para korban yang kehilangan ruah dna harta benda ini tetap mengungsi dna tidur di bawah tenda pengungsian yang dibangun aparat pemerintah desa setempat.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Mamasa Pasamboan Pangloli mengatakan, pihaknya telah meminta warga desa untuk mengunsi smenetara ke tempat aman dari longsor susulan. Pihak pemerintah juga telah menyerahkan bantuan logistik berupa tenda, beras dan kebutuhan makanan lainnya untuk para korban.

“Pemerintah telah menghimbau warga agar mengungsi sementara dari rumahnya karena rawan longsor. BPBD juga telh menyalurkn bantuan makanan termasuk tenda darurat mesji imformasi bencana ini baru diterima beberapa hari kemudian krena soal akses jalan dan sarana komunikasi yang tidak memadai,”jelas Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Mamasa Pasamboan Pangloli

Meski tak menimbiulkan korban jiwa, namun kerugian materil yang diderita warga ditaksir mencapai ratusna juta rupiah. (MMAS_08).

8 Rumah Warga Mamasa Tertimbun Longsor, Puluhan KK Diungsikan ke Rumah Penduduk

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 

 


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *