Penomena Semburan 3 Titik Air Tawar di Laut Pasca Gempa Hebohkan Warga Polman

Bencana Alam Gempa Nasional News Penomena Alam Polewali Mandar Tsunami
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Penomena semburan 3 titik air yang muncul di sepanjang bibir Pantai Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pasca diguncang gempa sejak dua pekan terakhir mengundang perhatian warga setempat. Sejak ditemukan warga tiga hari lalu, semburan air tawar di laut ini terus didatangi warga yang penasaran. Berbagai spekulasi  pun bermunculan mulai dari dugaan adanya muara sungai bawah tanah yang muncrat, pipa air pdam yang pecah dan airnya meluber, hingga dugaan mata air yang muncul di laut atau bibir pantai polewali mandar.

Sejak tiga hari terakhir pusat semburan air di bibir pantai, persis di depan Mesjid Al Muttaqin, Di Jalan Panai Bahari, Kelurahan Mambulilling Polewali Mandar ini terus didatangi warga yang penasaran, sejak kabar munculnya tiga titik semburan air di sepanjang pantai bahari, tiga hari terakhir.

Sebagian warga yang penasaran sengaja datang untuk melihat langsung penomena alam tersebut. Sebagain warga lainnya bahkan mencoba langsung sumber air yang muncrat di bibir pantai bahari tersebut.

Meski muncul di laut dan bercampur air asin, terutama saat air laut pasang, namun semua warga yang membuktikan, air jenih yang muncrat di laut tersebut adalah air tawar.

Namun warga bingung darimana asal usul air tawar di laut tersebut. Alasannya pipa air pdam maupun selokan air dari tiga titik lokasi semburan air tawar di laut tersebut jaraknya hingga puluhan meter.

0751611183_SULBAR_PENOMENA SEMBURAN 3 TITIK AIR PASCA GEMPA DI POLMAN 2A 001

Minimnya penjelasan aparat pemerintah setempat terkait penomena semburan tiga titik air di sepanjang bibir pantai bahari ini membuat sebagian warga mulai tergiring ke hal-hal mistik terkait munculnya semburan air tersebut.

 Berbagai spekulasi pun bermunculan tentang penomena alam ini. Mulai dari dugaan adanya muara sungai bawah tanah yang air muncrat ke bumi, pipa air pdam yang pecah dan airnya meluber ke mana-mana, hingga dugaan adanya mata air yang muncul di laut atau bibir pantai polewali mandar akibat pergeseran lempeng bumi pasca gempa beruntng yang berusat di mamasa hingag getarannya sampai ke Polewali Mandar.

Bulawang, ibu rumah tangga yang penasaran dengan munculnya semburan tiga titik air tawar di laut ini sengaja mendatangi lokasi untuk membuktikannya secara langsung. Seperti warga lainnya yang penasaran, bulawang mencoba mengambail dan mencicipinya beberapa kali. Benar saja bulawang yakin tiga titik air tawar yang mengalir di bibir pantai di jalan bahari polewali mandar, persis di depan mesjid muttaqin, polewali mandar ini adalah air tawar dan bukan air asing meski muncul dan bercampur dengan air laut, terutama saat air laut sedang pasang.

“Katanya bisa jadi obat, tapi saya tidak tahu untuk obat apa. Saya ambil saja airnya setelah saya coba ternyata memang air tawar,”jelas Bulawang

0751611183_SULBAR_PENOMENA SEMBURAN 3 TITIK AIR PASCA GEMPA DI POLMAN 2A 001

Tak hanya mencicipi dan membuktikan penomena semburan air yang muncul di laut tersebut adalah air tawar yang layak diminum, sebagain warga yang mengambil air menggunakan beragam wadah seperti botol air mineral atau kantung plastik mulai tergiring ke hal-hal mistikisme.

Sebagain warga yang belum tahu asal usul sumber air tersebut mulai percaya jika mata air yang muncul di tiga titik di pantai bahari polewali mandar tersebut berkhasiat untuk beragam penyakit atau dijadikan primbon.

 Bora, warga yang rumahnya hanya berjarak puluhan meter dari salah satu semburan air yang jadi penomena ini menyebutkan, semburan air tawar di aut tersebut sebetulnya sudah lama, hanya saja bora tak tahu darimana asal sulber air yang uncrat tersebut. Pasalnya jarak pipa pdam dari lokasi semburan sangat jauh dan melintasi jalan bahari.

“Ini air biasa saja, Cuma tidak tahu darimana sumbernya. Ini juga tak masuk akal kalau air PDAM bocor karena jakraknya dari pipa jauh,”jelas Bora, warga

Meski mengakui sumber air tawar yang muncrat di laut tersebut adalah air tawar yang jernih dan bersih, namun bora tak percaya jika semburan air tersebut adalah air mukjizat untuk warga Polewali Mandar.

Bora dan warga lainnya berharap pemerintah bisa menelusuri asal usul semburan air tersebut dan menberi penjelasan masuk akal kepada warga agar penomena alam tersebut tidak menggiring publik ke hal-hal mistik yang tak masuk akal.

Tiga semburan titik air yang mendadak jadi objek wisata yang ramai dikunjungi warga ini membuat aparat polisi dari polsek polewali terpaksa menempatkan petugas di sekitar lokasi untuk mengamankan lokasi.  (MPOL-06).

Penomena Semburan 3 Titik Air Tawar di Laut Pasca Gempa Hebohkan Warga Polman

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *