Pasien Trauma Gempa di Mamuju Tolak Dirawat di Ruang Perawatan

Bencana Alam Gempa Mamuju Nasional News Pengungsi
Bagikan
  • 1
    Share

MAMUJJUU,LINI1.COM – Dampak gempa susulan berkekuatan 5.5 sr yang berpusat di Mamasa, yang getarannya dirasaka di semua Kabupaten di Sulbar, SELasa (6/11/2018) subuh tadi, juga membuat panik warga Mamuju Sulawesi barat. Puluhan pasien yang trauma gempa menolak dirawat di ruang perawatan, setelah sempat berlarian keluar ruangan saat diguncang gempa. Akibatnya pasien terpaksa kini dirawat di ruang tunggu rumah sakit mamuju.

Beginilah suasana di ruang tunggu rumah sakit Mitra Manakarra Mamuju, Sulawesi barat, Selsa siang pasca diguncang gempa selasa dinihari tadi.

Puluhan pasien dan keluarganya yang sempat panik dan berlarian keluar ruangan saat gempang berlangsung dua kali dinihari tadi, mengaku trauma dna ketakutan kembali ke kamar perawatan tempat mereka semula di rawat.

Pasien yang khawatir gempa susulan ini terpaksa memilih dirawat di rung tunggu Rumah Sakit Manakrra Mamuju. Para pasien dan keluaraya merasa lebih nyaman dirawat di ruang tunggu yang luas dan terbuka dariada di rawat di ruang perawatan pasien. Selain itu mereka juga berlasan bisa lebih muda dan leluasa mengungsi keluar rumah sakit kapan saja jika terjadi gempa susulan.

Meski gempa terkahir kali dirasakan subuh tadi, namun pasien beralasan memilih waspada di rawat di ruang tunggu daripada mengambil resiko beradadi ruangan perawatan yang tertutup.

PASIEN 001

Pasien di rumah sakit tersebut telah dirawat di ruang tunggu Sejak 2 hari terakhir  hingga hari ini. Pasien megaku berecananya akan kembali ke ruang rawat bila situasi dan kondisi gempa yang terus mebuat panik warga selama empat hari terakhir sudah lebih aman.

Meunurut Muhtar, Staff RS Mitra Manakarra, gempa susulan yang terus terjadi di wilayah Sulawesi Barat termasuk di Mamuju, membuat pihak rumah sakit telah membuat sejumlah protap langkah-langkah antisipsi situasi darurat jika terjadi gempa dasyat.  Ia meminta pasien agar tetap tenang dan tidak perlu panik menghadapi situasi gempa meski semua pihak harus tetap waspada kapan saja.

“Pasien meminta sendiri dirawat di ruangan tunggu karena alasna trauma dengan gempa. Tapi sebetulnaya pihak rumah sakit telah mebuat sejumlah protap penanganan pasien jika terjadi situasi darurat gempa,”jelas Muhtar, Staff Rs Mitra Manakarra ketika ditemui di kantornya, Selasa siang tadi (6/11/2018).

Untuk mengantisi terjadinya gempa susulan pihak rumah sakit Tersebut  telah membuat tim evakuasi untuk mengevakusi pasien “Bila terjadi gempa susulan. Pihak rumah sakit meminta pasien dan keluarga pasien untuk tetap waspada akan terjadinya gempa susulan.  (MMJU-07).

Pasien Trauma Gempa di Mamuju Tolak Dirawat di Ruang Perawatan

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *