Pemuda Mamasa Peringati Sumpah Pemuda Dengan Pentas Seni, Menyalakan Lilin, Hingga Mimbar Bebas

Anak dan Problematikanya Budaya Inspirasi Mamasa Musik Nasional News Pendidikan
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Puluhan pemuda dan mahasiswa dari berbagai organisasi sosial dan pemuda Mamasa, Sulawesi Barat menggelar aksi bakar lilin untuk memperingati 90 tahun sejarah Sumpah Pemuda di Jalan Simpang 5 kota Mamasa, Sulawesi Barat, Sabtu Malam (27/10/2018). Mereka menggelar pentas seni hingga baca puisi sebagai refleksi perjalanan sejarah kepemudaan tanah air. Berbagai keritik tajam hingga hingga ungkapan keresahan terhadap situasi sosial politik tanah air ditumpahkan para pemuda dalam pentas seni dan puisi yang digelar semalam suntuk.

Tak ada gedung mewah, tak membuat para pemuda di Mamasa Sulawesi Barat kehilangan cara untuk merefleksikan sikap dan pandangan mereka terhadap perjalanan sejarah kepemudaan tanah air, termasuk situasi sosial politik tanah air terkini.

Para pemuda dan mahasiswa dari berbagai organisasi sosial dan pemuda di Mamasa ini membentangkan spanduk sambil menggelar tikar plastik di pinggir jalan untuk membuat sebuah panggung peringatan 90 tahun sejarah perjalanan sumpah pemuda, yang digear sejak Sabtu Sore hingga Miggu dinihari tadi.

Para pemuda yang menamakan diri aliansi mahasiswa,pemuda, pelajar (amprea) mamasa ini menggelar berbagai kegiatan seperti pentas seni dan baca puisi berisi ungkapan refleksi para pemuda terhadap situasi sejarah perjalanan pemuda dan bangsa hingga kekinian.

Sebelum aksi bakar lilin sebagai simbol kepedulian pemuda terhadap berbagai kondisi bencana lombok dan palu yang melanda bangsa belakangan ini mereka juga menyampaikan sejumlah kertik tajam hingga ungkapan kecemasan pemuda mamasa terhadap berbagai penomena sosial politik tanah air belakangan ini. Isu hoax dan isu sara dinilai pemuda adalah sebagai salah satu bentuk anacaman disintegrasi bangsa aling menghawatirkan jika tidak segera bisa diatasi semua elemen bangsa.

Sebelumnya, sabtu sore puluhan pemuda lintas organisasi ini  secara bergantian melakukan mimbar bebas berupa orasi, pembacaan puisi dan pagelaran seni.

GBR 6 001

Arnold, kordinator lapangan amara mengatakan, dalam kegiatan reflksi sumpah pemuda ke 90 tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan simbolis mulai dari penyalaan lilin sebagai simbol keprihatinan pemuda mamasa atas banyaknya peristiwa bencana alam seperti lombok dan palu beberapa waktu belakangan hingga bentuk keperihatinn mereka terhadap berbagai penomena sosial politik belakangan ini.

 “Pagelaran pentas musik dan seni dan aksi bakar lilin ini merupakan bentruk refleksi pemuda Mamasa dalam memaknai sejarah perjalanan kepemudaan tanah air,”jelas Arnold, kordinator lapangan

Kegiatan memperingati hari sumpah ini mengusung tema dengan semangat sumpah pemuda, kita perkuat nasionalisme dengan mencegah hoax dan meneguhkan pancasila dan uud 1945 dalam bingkai nkri.

GBR 7 004

Pampangtiku, ketua panitia mengatakan, salah satu isu yang diangkat dalam kegiatan ini adalah melalui kegiatan peringatan sumpah pemuda ini, para pemuda di mamasa diajak untuk ikut terlibat memerangi hoax di tengah masyarakat, minimal tidakikut menyebarkan hoax yang bisa meperkeruh susana relasi sosial masyarakat.

“Salah satu yang menghawatirkan pemuda saat ini adalah hoax yang mengancam disintegrasi bangsa,”jelas Pampangtiku, ketua panitia

Dalam kegiatan ini puluhan aparat kepolisian dari polres mamasa ikut mengamankan jalannya kegiatan mimbar bebas hingga malam refleksi sumpah pemuda yang digelar hingga dinihari tadi malam. (MMAS-04).

 

Pemuda Mamasa Peringati Sumpah Pemuda Dengan Pentas Seni, Menyalakan Lilin, Hingga Mimbar Bebas

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *