Tanamkan Pendidikan Politik Tanpa Hoax, Pemilihan Ketua Osis Mamasa Digelar Ala Pemilu

Demokrasi KPU Mamasa Nasional News Pemilu Pilkada Politik
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Untuk menanamkan pendidikan politik dan demokrasi yang bermartabat tanpa hoaks dan money poltik, sejak dini di kalangan para siswa, pemilihan ketua osis di Mamasa Sulawesi Barat digelar layaknya pemilu, Selasa (23/10/2018). Tiga pasangan calon Ketua Osis Smu Negeri 1 Mamasa mengikuti pemilihan mulai dari tahapan pendaftaran, kampanye program kerja, percetakan surat suara hingga pepemlihan layaknya pemilu yang diawasi kpu dan panwaslu. Pemilihan ala pemilu ini diharapkan menanamkan rasa tangung jawab dan sikap pemilih yang kritis.

Pemilihan Ketua Osis Periode 2018-2019 di Smu Negeri 1 Mamasa, Sulawesi Barat berlangsug meriah dan menarik perhatian para siswa. Lbih dari 700 siswa menggunakan hak piihnya secar bebas dan rahasia di tia tps yang disedikan panitia pemilihan ketua osis sma negeri 1 mamasa.

Pemilihan ala pemilu ini sendiri bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan politik yang baik dan bermartabat bagi para siswa, termasuk kepada pemilih pemula yang kelak akan menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019 mendatang.

 Edukasi poltik terutama bagi calon pemilih pemula yang akan ikut menggunakan hak pilihnya di pemilihah serentak legislatif, Dpr dan Dpd tersebut didukung oleh komisi Pemilihan Umum (Kpu) Kabupaten Mamasa.

Di lokasi pemugutan suara di halaman sekolah Sma Negeri 1 Mamasa, ada tiga tps yang disediakan oleh panitia, lengkap dengan sejumlah kotak suara, kertas suara, termasuk tinta serta sejumlah perlengkapan lain yang dibutukan layaknya pelaksanan pada pemilihan umum

Setiap tps terdapat panitia pemilihan, serta petugas pada  masing – masing tps yang berasal dari kalangan siswa sendiri. Dalam pemilihan ketua osis sma 1 mamasa kali ini diikuti tiga pasangan calon yakni pasangan nomor urut (1) Melan –Theodorus, pasangan nomor urut (2) Gita – Nur Akbar dan pasangan nomor urut (3) Pelasari-Vanto Nigar.

Pelaksana tugas, Kepala Sekolah Sma Negeri 1 Mamasa, Yance mengatakan, pemilihan ketua osis yang digelar menyerupai pemilihan umum sesuai undang-undang pemilu ri dimaksudkan untuk memberikan pendidikan poltik yang seht dan bermartabat tanpa hoax dan pratek curang yang mecederai proses demokrasi.

Edukasi politik melalaui pemilihan ketua osis tersebut juga merupkan bentuk implementasi  dari mata pelajaran ppkn yang mereka pelajari di sekolah selama ini.

“Ini sebagai bentuk pendidikan politik kepada siswa terutama kepada siswa yang akan menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019 mndatang,”jelas Yance, Kepala Sekolah Sma 1 Mamasa

Gabriela oktavia, salah seorang siswa yang menjadi ketua panitia pemilihan ketu osis mengungkapkan, pemilihan ketua osis ala pemilu ini sangat mengedukasi para siswa terutama siswa pemilih pemula yang sbentar lagi akan ikut menggunakan hak piihnya untuk menntukan kualitas kepemimpinan lima tahunan melalui pemilu 2019 mendatang.

Gabriella merasa senang karna ia bisa mengetahui banyak hal termasuk bagaimana menjadi pemilih yang bermartabat dan bertanggungjawab secara moral terhadap pilihan politiknya.

“Saya senang karena ini pembelajaran politik langsung, ini penting buat saya sebgai pembelajaran sebelum ikut menggunakan hak pilih di pemilu 2019 mendatang,”jelas Gabriela Oktavia, Ketua Panitia Pemilihan

Pemilihan Ketua Osis Sma Negeri 1 Mamasa ala pesta demokrasi pemilu Indonesia yang sebenarnya ini disambut baik seluruh siswa. Hal itu dibuktikan dari antusias semua siswa  dalam memberikan hak suaranya di tps yang sudah disediakan.

Selama proses kampanye program kerja dari kelas ke kelas, sejumlah pasnagan calon yang dinilai melanggar ketentuan pemilihan sempat mendapat teguran dari panitia pengawas peilihan.

Setiap siswa yang sudah menggunakan hak poltiknya harus mencelupka salah satu jarinya ke dalam tinta yang sudha disediakan panitia, agar siswa bersnagkutan tidak menggunakan hak pilihnya lebih dari satu kali

Sejak masa pendaftaran hingga pemilihan dan perhitungan perolehan suara tiga pasnagan calon. Panitia pemilihan ketu osis mamasa akhirnya menetapkan pasangan nomor urut (2) gita – nur akbar, terpilih menjadi ketua osis sma negeri 1 mamasa untuk masa bakti 2018-2019 setelah meriah lebih dari 400 suara. Pasangan gita-akbar berhasil mengungguli dua pasanagan lainnya yakni pasangan nomor urut 1 dan 2.(MAS-03).

 

Tanamkan Pendidikan Politik Tanpa Hoax, Pemilihan Ketua Osis Mamasa Digelar Ala Pemilu

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *