Hibur Diri di Musim Kemarau, Petani Gelar Balap Taksi Unik Sambil Tunggu Hujan Turun

Inspirasi Life Style Nasional News Penomena Alam Polewali Mandar
Bagikan

POLEWAI MANDAR,LINI1.COM – Beragam cara petani menghibur diri agar tidak stres berat menganggur selama berbulan-bulan, sejak kemarau panjang. Petani di Polewali Mandar Sulawesi Barat misalnya memilih menghibur diri dengan cara menggelar balap motor unik di areal persawahan yang kering kerontang. Meski mereka hanya mendapat hadiah handuk dan sabun mandi, tidak mengurangi antusias para peserta dan penonton memeriahkan ajang balapan dan silaturrahmi ala petani ini.

Balapan motor unik yang akrab disebut balapan taksi ini di Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat berlangsung meriah, Sabtu (13/10/2018). Puluhan petani menggunakan motor modifikasi pengangkut gabah ini adu nyali dan kecepatan di areal persawahan.

Balpan taksi ala petani ini selain menjadi ajang hiburan petani yang stres karena menganggur berbulan-bulan dna tak kunjung turun ke sawah karena kemarau, juga menjadi ajang silaturrahmi para petani antar desa dna kecamatan di polewali mandar.

Blapan motor modifikasi yang biasanya digunakan mengangkut gabah ini juga sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen petani tahun ini. Taksi motor merupakan sepeda motor roda dua yang sudah di modifikasi untuk mengangkut gabah di sawah sebagai pengganti transfortasi kuda yang selama ini digunakan petani mengangkut gabah mereka.

111. BALAPAN HIBUR STRES NGANGGUR – 003

Lomba balap taksi motor ini digelar di tengah areal persawahan.  Peserta lomba umumnya merupakan pengemudi taksi motor yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah polewali mandar.

Berbeda dengan lomba balapan profesional, balapan taksi memerlukan keahlian tersendiri lantaran pembalapnya juga harus mebawa sekarung gabah saat balapan.

“Balapan ini tak hanya adu ketrampilan petani yang selama ini menjadi buruh angkut gabah di sawah tapi juga menjadi ajang silaturrahmi musiman bagi petani,”jelas Rifai, ketua panitia

Rifai, ketua panitia menyebutkan, lomba balapan taksi antar kecamatan dan desa ini rutin digelar setiap tahunnya usai panen. Namun balapan tahun ini lebih special karena juga menjadi ajang hiburan petani di musim kemarau. Sambil menunggu waktu turun ke sawah saat hujan turun nantinya. (MPOL-12).

 

Hibur Diri di Musim Kemarau, Petani Gelar Balap Taksi Unik Sambil Tunggu Hujan Turun

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *