Bandara Tanpa Padang Jadi Posko Pengiriman Logistik Korban Gempa Palu

Bencana Alam Gempa Mamuju Nasional News
Bagikan

MAMUJU,LINI1.COM – Bandara Tanpa Padang Mamuju, Sulawesi Barat menjadi posko alternatif pengiriman atau distribusi logistik maupun personil yan akan melakukan bantuan kemanusaian di Palu Sulawesi Tengah. Posko in juga menjadi alternatif jika nantinya kondisi bandara di Sulawesi Tengah belum bisa berfungsi normal untuk dilandasi pesawat pembawa bantuan logistik maupun pengiriman bantuan personil ke tkp musibah gempa.

Pasca terjadinya musibah gempa bumi, Jumat petang lalu. Jajaran korem 142 Tatag Mamuju membentukan posko alternatif untuk mengantisipasi jalur distribusi bnatuan kemanusiana maupun personil ke wilayah gempa di palu. Posko ini juga diharapkan bisa memback up operasional penanggulangan bencana jika nantinya kondisi bandar udara sulawesi tengah belum bisa berfugsi normal untuk landing maupun take off pesawat yang memuat bantuan logistik untuk korban bencana gempa bumi.

Pembentukan posko alternatif tersebut telah disiapkan sejak kemarin, pasca terjadinya bencana. Bahkan untuk mendukung kegiatan bantuan di tkp musibah gempa bumi tersebut, tni/polri telah mengirim sekitar 200 personel dan bantuan logistik dari makassar sebanyak 20 truk melalui jalur mamuu – palu.

Dandrem mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan truk jika Nantinya dibutuhkan untuk memuat bantuan logistik, setiap saat bisa dikerahkan dari mamuju ke lokasi bencana.

Danrem menjelaskan, pembentukan posko di bandara tanpa padang mamuju tersebut dikarenakan kondisi wilayah mamuju yakni daerah terdekat dengan tkp musibah bencana gempa bumi tersebut dan mungkin dibutuhkan untuk transit atau pengiriman logistik untuk mendukung kegiatan bantuan di sulawesi tengah.

Di sulbar sendiri pembentukan posko ada di dua kabupaten yakni kabupaten Mamuju Dan Kabupaten Pasangkayu, dimana kabupaten pasangkayu sulawesi barat juga terkena dampak gempa yang mengakibatkan puluhan rumah dan toko rusak berat.

“Salah sat alasan pertimbangan posko di bentuk di Bandara Mamuju karena lokasi ini terdekat dari lokasi bencana. Jika dibuthkan posko ini akan menjadi alternatif pengiriman bantuan logistik maupun personil ke lokasi bencana,”jelas Letkol Inf Taufik Shobri, Dandrem 142 Tatag.

Dandrem menambahkan, akibat gempa yang terjadi sore kemarin juga berdampak ke darah sulawesi barat dan ada beberapa kabupaten yang terdampak musibah tersebut yakni Kabupaten Pasangkayu.

Puluhan personil Tni/Polri telah dikerahkan ke lokasi. Danrem juga memastikan jika dampak gempa bumi yang terjadi di sulbar jumat lalu tidak menimbulkan korban jiwa seperti halnya di donggala dan palu sulawesi tengah. (MMJU-04).

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *