Penetapan DPT Mamasa Diwarnai Aksi Tidur Peserta Pleno

KPU Legislatif Mamasa Nasional News Pendapat Publik Pileg Presiden
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Rapat pleno terbuka penetapan rekapitulai daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) pemilu 2019, yang digelar KPUD Mamasa di aula mini pemda Kabupaten Mamasa, Jumat dinihari (14/9/2018) diwarnai aksi tidur para peserta rapat. Rapat penetapan dpt yang dihadiri oleh anggota ppk, bawaslu Kabupaten Mamasa dan perwakilan partai politik peserta pemilu di Kabupaten Mamasa, sebagian peserta terlihat tertidur di kursi hingga memilih pulang sebelum rapat selesai.

 

Tak seperti biasanya, rapat pleno penetapan rekapitulai daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) pemilu 2019 digelar KPU Mamasa pada siang atau sore hari, namun rapat kali ini dilaksanakan pada malam hari mulai pukul 22.00 wita.

 

Rapat ini ditunda hingga malam hari lantaran jaringan server ke sistem KPU terganggu.

 

Menurut ketua KPU mamasa, Suriani T. Dellumaja, rapat pleno penetapan DPT mamasa terpaksa dilakukan pada malam hari hingga pagi pukul 02.00 wita dini hari, karena gangguan jaringan internet saat mengunduh aplikasi data sistim data pemilih, sidali.

 

“Dari hasil pencermatan ulang yang dilakukan KPU dan jajarannya memnag ditemukn banyak DPT Ganda dan itu sudah kita celarkan bersama panwas,”jelas Suriani T. Dellumaja, ketua KPU Kabupaten Mamasa

 

Hal tersebut, membuat sejumlah peserta rapat tidak lagi fokus pada kegiatan rapat pleno hingga akhir. Bahkan sejumah peserta hingga ketua kpud mamasa yang terlihat kelelahan saat meimpin rapat pelno sempat tertidur di kursi. Sebagian peserta rapat lainnya bahkan meningggalkan tempat kegiatan sehingga banyak kursi yang kosong, sebelum kegiatan ditutup.

 

Dari hasil penetapan daftar pemilih tetap beberapa waktu lalu, bawaslu mamasa sempat menemukan sekitar 1.565 pemilih yang diduga ganda, sehingga kpu dan jajaran melakukan pencermatan data pemilih melalui kroscek langsung ke rumah pemilih yang diduga ganda. Kpu sendirmengakui meanga ditemuk banyak pemilih ganda saat dilakukan pencermatan ulang.

 

Kegiatan tersebut dilakukan bersama oleh jajaran kpu dan bawaslu tingkat kecamatan. Setelah dilakukan pencermatan data pemilihhasilnya berkurang sekitar 751 pemilih. Sehingga total daftar pemilih tetap hasil perbaikan yang disahkan kpu mamasa tersisa 114.406 pemilih.

“Kita harap ini clear karena semua data yang diduga bermasalah karena ganda dan lainnya semua telah dikro cek sebelum penetapan dilakukan hari ini,”jelas Rusatam, Ketua Bawaslu Kabupaten Mamasa

Ketua Bawaslu Mamasa, Rustam mengatakan dirinya cukup puas dengan hasil rekapitulasi malam itu, karena hasil dpthp datanya sudah “clear’ dari hasil pencermatan dan faktualisasi di lapangan. (MMAS-04).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *