Truk Jalan Mundur

Jalan Mundur di Tanjakan, Truk Sempat Menggantung di Bibir Jurang

Kecelakaan Mamasa Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Tak mampu melintasi tanjakan tajam, sebuah truk bermuatan puluhan ton bahan bangunan, jalan mundur hingga terperosok di bibir jurang di Jalan Trans Mamasa-Polewali Mandar, Minggu Dinihari (9/9/2018). Truk sempat menggantung di bibir jurang hingga membuat sopir truk dan pengendara lain di belakangnya panik. Sopir sempat berjuang menyelamatkan truknya agar tidak jatuh ke dalam jurang, namun naas truknya malah membentur tebing dan memalang jalan dan mesin kendarannya mati. Akibatnya jalur trans mamasa-polewali lumpuh selama hampir 12 jam.

 

Sebuah mobil pick up yang tak sabar antri berjam-jam di lokasi kecelakaan di Dusun Lekke, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi Polewali Mandar ini berusaha melintasi celah jalan. Sayangnya ia membuat kemacetan makin panjang lantaran salah satu ban pick up ini juga terperosok ke dalam jurang hingga nyaris terjungkap masuk jurang. Beruntung sejumlah warga dan pengendara lain segera menarik pick naas ini beramai-ramai secara manual menggunakan tali hingga selamat dan tidak jatuh ke dalam jurang.

 

Semula bibir jlan masih bisa dilalui pejalan kaki dan pengendara motor, namun setelah tertutup badan pick up dan truk yang melintang di jalan, praktis seluruh badan jalan tutup total hingga melumpuhkan aktifitas lalulintas selama hampir 12 jam.

 

Peristiwa kecelakaan ini bermula ketika minggu dinihari iring-iringan truk dan angkutan umum berusah melewati jalan tanjakan tajam di dusun lekke, desa kelapa dua, kecamatan anreapi. Truk bermuatan semen puluhan ton ini tak mampu menggapai puncak tanjakan. Truk ini malah lari mundur dan oleng ke kiri dan nyris terjungkal ke jurang.

 

Meski sejak pagi hingga menjelang siang truk tersebut berusaha dievakauasi warga secara manual, namun sempitnya jalan mebuat proses evakuasi tidak mudah.

 

Sopir dan penumpng yang terjebak di tengah jalan mengaku terpaksa bermalam di tengah jalan lantaran mereka tak bisa melanjutkan perjalanan. Kemacetan yang melumpuhkan akses jalan penghubung kabuaten polewali mandar dan mamasa selma belasan jam ini menyebakan antraian panjang hingga lebih dari dua kilometer dari dua arah.

 

“Terpaksa bermalam di jalan karena mobil tidak bisa lewat,”jelas Udin, salah satu sopir angkuan trans Mamasa – Polewali Mandar.

 

Beruntung evakauasi pickup yang juga sebelumnya menutup badan jalan bisa dilakukan, sehingga  mobil jenis suv atau mini bus berukuran kecil sudah bisa melewati jalan, namun harus ektra hati hati lantaran jurang yang berada di pinggir jalan

 

Kebanyak penumpang bus dan truk yang terjebak dan kelaparan di jalan terpaksa memilih jalan kaki dan mencari kendaraan lain yang memutar haluan untuk melanjutkan perjalanan mereka. Sementara pengendara lainnya mebatalkan perjalanan ke tujuan.  (MPOL-3).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *