Ribuan Anak Bangga Jadi Peserta Karnaval Budaya Bertema Menghargai Perbedaan dan Keragaman

Anak dan Problematikanya Budaya Inspirasi Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 2
    Shares

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Ribuan anak-anak memeriahkan karnaval budaya bertema menghargai perbedaan dan keragaman budaya bangsa di polewali mandar, sulawesi barat, jumat (17/8/2018). Setiap peserta bebas berdandan cantik dan mengekspresikan diri,

termasuk Bebas memilih dan memakai pakaian adat nusantara, seragam tni-polri, hingga mengenakan seragam pilot dan pramugari cantik.

 

Ribuan bentor yang membawa peserta karnaval juga dihias cantik mewakili entitas budaya nusantara, terutama keragaman budaya dan etnis yang mendiami wilayah polewali mandar.

 

Ribuan peserta karnaval budaya dari berbagai sekolah tk dan sd di polewali mandar, sulawesi barat ini ikut bergembira memeriahkan karnaval budaya bertema menghargai perbedaan dan keragaman budaya bangsa, sebagai salah satu kekuatan sosial budaya nusantara.

 

Setiap peserta karnaval bebas memakai pakaian adat nusantara seperti adat toraja, mandar, bugis, jawa, minang, bali, padang dan pakaian tradisonal. Sebagian peserta lainnya mengenakan pakaian tni-polri yang tampak gagah, hingga pakaian pilot dan pramugari cantik. Peserta bebas berdandan cantik dan menarik mewakili entitas budaya nusantara pilihan peserta.

 

KARNAVAL BUDAYA 2018 051

Tak hanya peserta yang berdandan cantik dan menarik, ribuan becak motor (bentor) yang mengantar peserta juga dihias cantik, mewakili entitas adat yang mereka kenaiakan atau mereka wakili.

 

Para peserta karnaval yang menjadi pusat perthatian ribuan mata di sepanjang rute jalan yang dilalui peserta, tampak bangga dan  sumringah menjadi bagian dari karnaval budaya tahunan ini.

 

Rifqy, salah satu peserta karnaval budaya 2018 dari sd 007 lantora mengaku bangga dan senang bisa bersama ribuan  peserta dari sekolah lainnya. Meski cuaca panas siang hari, membuat cucuran keringat yang melelahkan, namun para peserta yang bangga dan bersemangat menjadi pusat perhatian warga di sepanjang jalan, seolah mengabaikan semuanya.

 

“Senang bisa ketemu banyak teman. Tadi memang capek dan kepanasan di jalan tapi tidak masalah,”jelas Rifqy mengaku bangga dan senag bisa ikut jadi peserta karnaval budaya bersama teman-temannya tahun ini.

 

Ribuan warga yang antusias menyaksikan peserta karnaval ini tampak terhibur menyaksikan wajah-wajah cantik yang lugu dari para peserta. Banyaknya warga yang ingin menyaksikan karnaval dari dekat iin mebuat rite perjalanan peserta kerap terganggu dan macet.

KARNAVAL BUDAYA 16082018 UCCANG 058

 

Tak sedikit peserta yang kelelahan karena cuaca panas dan menempuh rute perjalan yang cukup jauh sempat tertidur diatas bentor yang mengantar mereka.

 

Karnaval budaya tahunann ini sendiri bertujuan untuk menanamkan semangat saling menghargai perbedaan dan keragaman sebagai salah satu kekuatan sosial budaya bangsa dalam bingkai bihneka tunggal ika

 

Untuk mengikuti karnaval budaya yang mengambil rute dari pantai bahari polewali, kemudian keliling kota polewali hingga finis di arena spor centre manding polewali mandar, setiap peserta sudah mempersipkan diri sehari sebelumnya.

 

Bentor hias beragam bentuk, mulai dari miniatur rumah adat, mobil polisi, kendaraan tempur, hingga pesawat helikopter cantik yang menarik perhatian warga mengantar peserta karnaval ini misalnya, sejak sehari sebelumnya sudah dihias peserta.

 

Meski peserta harus menguras isi kantomg hingga satu juta rupiah untuk menjadi peserta karnaval budaya, namun demi menyenangkan anak-anak mereka yang menjadi duta budaya, para ortang tua tidak keberatan mebiayai anaknya. (KPl2)

 

 

Karnaval Budaya Bertema Menghargai Perbedaan dan Keragaman

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *