Konplik Perebutan Nomor Caleg, 12 Pimpinan Ranting Nasdem Mundur

KPU News Pendapat Publik Pendidikan Pikiran Senator Polewali Mandar Politik
Bagikan

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM12 Dewan Pimpinan Tingkat ranting Partai Nasdem, Kabupaten Mamasa Sulawesi barat ramai-ramai menyatakan mundur dari Kepengurusan Partai Nasdem Mamasa. Pengunduran diri ini dilakukan dengan cara membakar dan menginjak injak surat SK Kepengurusan

partai Nasdem di depan kantor Sekretariat DPD  Partai Nasdem Mamasa.  Para pimpinna pengurus cabang tersbeut meperotek mekanisme penyusunan nomor urut caleg yang dinilai tidak sejlaan dnegan AD/ART partai. Mereka beralasan banyak pengurus baru masuk ditempatkan di nomor urut utama, sedang pengurus yang sudah lama membangun partai justru mendapat nomor buntut.

 

Puluhan pengurus tingkat ranting Partai Nasdem, Kabupaten Mamasa yang kecewa denga hasil penysunan nomor urut yang dinilai tidak adil mendatangi kantor sekertariat partai nasdem di Jln. Poros Mamasa-Polewali, Desa Osango, Kecamatan Mamasa. Kedatangan Mereka dipimpin Oleh Ketua dewan Pimpinan Kecamatan Aralle Partai Nasdem Mamasa.

 

Kisruh ini dipicu oleh adanya Protes dari Ketua Dewan Pimpinan Tingkat Kecamatan, Bahar yang tidak menerima dirinya ditempatkan di posisi nomor urut 8 dalam daftar Caleg partai Nasdem Kabupaten Mamasa. Bahar menyatakan kecewa karena nomor urut di atasnya justru diisi oleh beberapa caleg yang bukan dari kader Partai Nasdem.

 

Bahar menilai mekanisme penyusunan caleg tidak sejalan dengan semangat partai termasuk AD/ART partai pimpinan Surya Paloh tersebut.

 

Bahar menilai seharunya pengurus [partai yang sudha lama berdarah mebesarkan partai mendapat priorita nomoir urut untuk menduduki Posisi pada nomor urut utama diatasnya, namun keinginannya tidak diakomodir oleh Pengurus DPW dan DPP Nasdem.

 

“Ada caleg yang bukan pengurus partai tapi mendapat normor prioritas, sementara pengurus partai ditempatkan di nomor urut buntut. Ini kan tidak sesuai semnagat partai dan ART/AD partai,”jelas Bahar, Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan Aralle, Partai Nasdem Mamasa

 

Sebelum menyerahkan secara simbolis surat pengunduran diri kepala ketua DPD Partai Nasdem Mamasa, ely Sambominanga, pengurus partai nasdem yang kecewa tersebut mebakar surat sk penmgurus partai nasdem dna menginjak-injaknya di depan kantor partai nasdem.

 

Disamping berdiskusi dengan ketua DPD Partai Nasdem Mamasa, ely Sambominanga, massa juga membawa pamplet pengunduran diri dari 12 Dewan Pimpinan Tingkat ranting itu dan melakukan sebelum pembakaran SK Kepengurusan mereka di depan kantor DPD partai Nasdem.

 

Ketua DPD Partai Nasdem Mamasa, Ely Sambominanga yang menerima  kedatangan dan surat pengunduran diri 12 pimpinan cabang partai nasdem tersebut menyakan aakn meneruskan surat pengunduran diri mereka ke DPP partai nasdem. Meski Ely mengaku kehilangan kader namun ia secara pribadi dna institusi tidak bisa menghalangi jika ada kader ynag mengundurkan diir karena alasan tidak sejalan dengan partai.

 

“Ini bukan konplik hanya protes urutan nomor caleg, dan itu sudha dirapatkan plenokan dari bawah,”jelas Ketua DPD Partai Nasdem Mamasa, Ely Sambominanga

 

Ditanya soal konplik kepengurusan partai nasdem mebnatah jika hal tesebut bukanlah konplik pengurus. Menuurt Ely ini hanya soal nomor urut calon yang dipoerotes karena dianggap tidak sesuai. Menurut Ely mekanisme penetapan nomor urut yang diusulkan ke DPP tidak ada yang melanggar ketentuan atau mekanisme partai karena semua sudah dirapat plenokan dari bawah sebelum menjadi keputusan DPP. (RE)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *