Beras

Sterilkan Harga Pangan, Polman Pasok Beras ke DKI Jakarta

Ekonomi Kuliner Legislatif Pikiran Senator Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,Lini1.com – Stok beras yang mencapai 5000 ton di dua gudang bulog polewali mandar, sulawesi barat menjelang panen raya maret mendatang, dipastikan cukup untuk 10 bulan ke depan. Sebagian stok beras polman bahkan mulai dipasok ke dki jakarta, sejak kamis (18/1/2018) kemarin untuk menstabilkan lonjakan harga beras di dki dan sekitarnya. Bupati polman, andi ibrahim masdar yang meninjau kesiapan logistik beras di gudang bulog polman menyatakan polman menolak impor beras karena alasan stok beras di gudang bulok divre polman saat ini jauh dari cukup. Pemerintah bahkan siap menggelontorkan

Gudang bulog divre polman mendadak dikunjungi bupati polewali mandar, Andi Ibrahim Masdar, Kamis (18/1/2018) Kemarin. Kedatangan bupati selain untuk memastikan stok beras di dua gudang bulog polman, juga melepas secara resmi pengiriman beras asal polman ke dki jakarta untuk ikut menstabilkan lonjakan harga beras di dki dan sekitarnya.

Bupati Bersama Kepala Bulog Divre Polman, Arwiyati memastikan 5000 ton stok beras di dua gudang bulog saat ini cukup untuk  memasok kebutuhan beras di polewali mandar selama 10 bulan ke depan. Apalagi maret mendatang polman akan panen raya hingga dipastikan stok beras yang ada saat ini bisa bertambah surplus.

Ditanya soal rencana pemerintah mengimpor beras ke dalam negeri untuk melakukan stabilisasi harga pangan khusnya beras yang melonjak tajam di beberapa daerah di tanah ini, bupati polman andi ibrahim menyatakan menolak impor beras di polewali mandar. Alasannya daerah ini tidak pernah mengalami kekurangan stok beras. Polman hari ini bahkan mulai mengirim pasokan beras ke wilayah dki jakarta, kamis kemarin (18/1/2018) untuk ikut menstabilkan lonjakan harga pangan di ibu kota.

“Klau impor kita tolak, kearena persedian beras kita cukup untuk 10 bulan ke depan. Hari ini bahkan kita mengirim beras ke DKI untuyk membantu stabilisasi harga beras di ibu kota, jadi tidak ada maslaah,”jela Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar usai meninjau langsung stok beras di gudnag bulog, kamis kemarin.

Menurut Andi Ibrahim, Polman bahkan siap menggelontokan stok beras di pasar jika terjadi lonjakan harga yang signifikan. Andi ibrahim menyatakan saat ini pantauan harga beras di polewali mandar masih satbil, kalau pun ada lonjakan hanya sedikit dan tidak signifikan.

Kepala Bulog Divre Polman, Arwiyati juga menjamin ketersediana stok beras di gudang bulog Polman surplus dna cukup untuk kebutuhan 10 bulan mendatang. Ini belum termasuk hitungan masa panen raya yang akan berlangsung Maret mendatang.

“stok kita surpulus dan cukup untuk kebutuhan 10 bulan ke depan, belum lagi kita akan pane raya Maret nanti jadi tidak ada masalah. Bulog juga siap menggelar operasi pasar jika harga beras melonjak,”jelas Kepala Bulog Divre Polman, Arwiyati.

Pemerintah juga memastikan stok beras renstra sebanyak 361 kk untuk 10 kilogram per kk mulai digelontorka ke desa-desa untuk menjamin kesinambungan kebutuhan beras warga miskin secara gratis. 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *