18 Rumah Warga Lululantak Dilalap Api

Kebakaran Mamuju
Bagikan

MAMUJU,LINI1.COM – Diduga bermula dari pembakaran sampah kardus, sebanyak 18 rumah di Mamuju, Sulawesi Barat, ludes dilalap api, Minggu (26/8/2018). Kencangnya tiupan angin mmebuat kobaran api dengan mudah membesar dan membakar

rumah warga. Warga yang panik karena rumahnya tak jauh dari lokasi berusaha mengevekuasi barang – barang berharga milik mereka jauh dari lokasi kebakaran. Api baru bisa dipadamkan setelah 3 jam kemudian.

 

Beginilah suasana kobaran api yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Kelurahan Rimuku, Kabpaten Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu Petang Tadi. Kobaran api dengan cepat membakar 18 rumah warga yang sedang ditinggal pemiliknya berdangang. Ratusan warga yang berada di pemukiman tersebut panik saat melihat kobaran api semakin membasar membakar rumah warga.

 

Ratusan warga yang berada di pemukiman tersebut hanya bisa pasrah melihat api dnegan cepat merambat dan melululantakkan 18 unit rumah warga.

 

Meski ratusna warga turun tangan medamkan api secara manual menggunakan wadah apa saja seperti ember api sangat sulit untuk dipadamkan karena sumber air yang berada jauh dari pemukiman warga.

 

Mayoritas rumah panggung di tengah kawasan pemukiman padat penduduk tersebut mebuat api dengan mudah melahap konstruki bangunan hingga rata dnegan tanah.  Tiupan angin kencang membuat api dengan mudah merembes ke rumah warga lainnya.

 

Warga yang panik saat api semakin mebesar dna sulit dikuasai berusaha menyelamatkan barang – barang rumah yang ditinggal pemiliknya dengan cara membongkar paksa rumah warga.

 

Api yang diduga berasal dari pembakaran sampah kardus tersebut baru bisa dijinakkan setelah 4 unit mobil pemadam kebakaran ditambah satu uni watercanon polres metro mamuju diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

 

Dahlia, salah seorang korban mengaku tidak satupun barang miliknya yang bisa diselamatkan lantaran api terlanjut mebubung di atap rumahnya. Dahlia hanya berusaha menyelamatkan seluurh anggota keluarga keluar dari rumahnya saat api sudah berkobar tepat di atas atap rumahnya.

 

“Kita langsung berlarian keluar rumah saat api sudah terlanjut mebakar bagian atap. Tidak ada yang bisa diselamatkan saya hanya menyelamatkan keluarga,”jelas Dahlia, salah satu korban kebakaran.

 

Tidak ada korban jiwa dalam  peristiwa tersebut, namun kebakaran yang melululantakkan pemukiman padat penduduk di mamuju tersebut  mengakibatkan sebanyak 18 rumah warga dan satu unit kendaraan roda dua ludes dilalap sijago merah. Kerugian ditaksir mencapai miliyaran rupiah. (MMJ-01)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *